Tips Membangun Pondasi Rumah yang Kuat

Ads Banner

Tips Membangun Pondasi Rumah yang Kuat



Apakabar sobat-sobat sekalian, waduuh gimana nih kabarnya, semoga baik-baik aja ya, Sampe bosen nanyain kabar mulu, tapi engga papa memang kita tuh harus saling mendo'akan satu sama lain supaya kita selalu sehat wal'afiat. Aaamiin.

Okedeh kali ini saya mau ngasih tau bebrapa tips nih ?

Apa yang baru nih ?



Sebenernya engga ada yang baru sih. Hehhe  Ini tips udah lama banget adanya, cuma saya mau ulas lagi aja supaya yang lain yang belum tau, jadi tau dan nambah ilmunya


Oke deh, terus apa dong Tipsnya ?

Iya-iyaaa nih saya mau berbagi tips mengenai. Membangun Pondasi Rumah yang Kuat.


Ngomongin masalah pondasi, pastinya sobat-sobat disini udah pada tau dong apa fungsi pondasi ?

Iya salah satu fungsi mendasar pondasi adalah sebagai penopang sebuah bangunan, semakin kuat pondasi berarti semakin kuat dan tahan lama pula bangunan tersebut.



Bagi sobat-sobat yang ada rencana mau bangun rumah. Nih saya kasih beberapa tips cara membangunnya.

1. Pilih lokasi tanah yang tepat
    
Pemilihan lokasi dengan kontur tanah yang sangat mendukung, adalah salah satu faktor penting dalam penbangunan rumah sobat nih. Tanah yang kuat adalah tanah yang bisa menahan beban penetrasi yang nantinya terjadi jika pondasi sudah ditanam sobat. Tanah yang minim dengan Lumpur serta minim Pergeseranlah yang tepat. 

2. Daya dukung tanah

Pengujian tanah sebelum melakukan penanaman pondasi sangatlah penting, hal ini untuk mengetahui Jenis pondasi apa yang nantinya akan digunakan diukur dari kondisi tanah dasarnya. Pengujian ini bisa dilakukan dengan cara melakukan Uji SPT ( Standart Penetration Test ). Kalo yang penasaran sama alatnya nih ada di bawah. Itu namnya HMP SON P.



Sebenarnya ada cara konfensional yang bisa dilakukan, namun ini yang standarnya sobat. Dengan pengujian ini kita bisa mendapat data  tanah serta Planing seperti :

·         Tanah dasar yang memiki daya dukung baik (tanah batu, padas/ cadas, kerikil --- sistem pondasi                  langsung
·         Tanah dasar yang memiliki daya dukung sedang --- sistem pondasi langsung dengan perlakuan                      tertentu (pembesaran dimensi, perkuatan dengan meningkatkan mutu dan kekuatannya)
·         Tanah dasar yang memiliki daya dukung jelek --- sistem pondasi tidak langsung

3. Jenis batu yang digunakan

Ada banyak sekali jenis batu sebenernya. Namun batu yang paling direkomendasikan adalah batu kali. Selain terkenal kuat, harga batu ini juga relatif murah yaitu hanya Rp.3000/Kg. Tapi kalau memang sobat mau pakai batu yang lain juga boleh, sobat bisa pakai batu-bata merah, atau batako. Yaaaaaa tapi engga sekuat batu kali sih

4. Produk semen

Semen pun adalah salah satu komponen yang penting. Sebagai perekat, semen ini sangat memegang peranan yang inti dalam hal pembangunan.

5. Penambahan platik Pollyfield

Plastik tersebut digelar pada galian pondasi. Taburkan kerikil di atas plastik tersebut dengan ketebalan 15-20 cm, kemudian dipadatkan hingga merata. 

6. Penambahan Sloop

Sloop ini bisa disebut juga tulang besi, yang di cor dengan campuran semen, pasir dan kerikil dengan perhitungan perbandingan 1:2:3.


Ok sobat, itulah beberapa Tips Membangun Pondasi Rumah yang Kuat. yang mungkin nantinya berguna buat sobat-sobat yang mau bangun rumah.


Pendapat sobat ...
Kalau ada yang salah ataupun kurang, bilang aja ya 


Previous
Next Post »

Diskusi Bersama kami Disini

Iklan Kami

Iklan Kami