Apa Itu Uji SPT ?

Ads Banner

Apa Itu Uji SPT ?

Tujuan percobaan Alat dinamis ( Uji SPT ) yang berasal dari Amerika Serikat yaitu: Untuk mengetahui kedalaman, lapisan, keras serta sifat daya dukung setiap kedalaman yang ada pada tanah.
            Cara kerja alat uji SPT ini yaitu : Membuat lubang bor hingga ke kedalaman yang akan diujikan. Suatu alat yang dinamakan ”standard split-barrel spoon sampler” dimasukan ke dalam tanah pada dasar lubang bor dengan memakai suatu beban penumbuk (drive weight) seberat 140 pound (63,5kg) yang dijatuhkan pada ketinggian 30 in (762 cm). Setelah split spoon ini dimasukkan 6 in (15 cm) jumlah pukulan ditentukan untuk memasukkannya 12 in (30 cm) berikutnya. Jumlah pukulan ini disebut nilai N (N number or N value) dengan satuan pukulan per kaki (blows per foot). Pemboran menunjukan “penolakan” dan pengujian diberhentikan apabila ; diperlukan 50 kali pukulan untuk setiap pertambahan 150 mm, atau telah mencapai 100 kali pukulan, atau 10 pukulan berturut-turut tidak menunjukan kemajuan.

             Setelah percobaan selesai, split spoon dikeluarkan dari lubang bor dan dibuka untuk mengambil contoh tanah yang tertahan didalamnya. Contoh ini dapat dipakai untuk percobaan klasifikasi semacam batas Atterberg dan ukuran butir, tetapi kurang sesuai untuk percobaan lain karena diameter terlampau kecil dan tidak dapat dianggap sungguh-sungguh asli




Dari data/informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk menggambarkan profil daya dukung tanah yang di gambarkan pada grafik SPT.Setelah mengetahui daya dukung tanah, maka letak dan kedalaman pondasi dapat di tentukan pondasi dapat di tentukan. Alat SPT ada yang dalam pengoperasiannya menggunakan mesin ada juga yang dioperasikan secara manual yang tentunya mempunyai hasil pengujian yang berbeda.



Alat uji SPT yang menggunakan mesin tentu kapasitasnya lebih tinggi dan diperlukan pada saat pengambilan data tanah untuk kepentingan desain pondasi. Sedangkan SPT yang dioperasikan secara manual hanya untuk keperluan praktikum dan kapasitas pengujiannya juga lebih kecil dan kedalamannya pun tidak lebih dari 10 meter.

Sumber terkait :
http://ronymedia.wordpress.com/2010/08/15/standard-penetration-test-spt/

Previous
Next Post »

Diskusi Bersama kami Disini

Iklan Kami

Iklan Kami