Apa Itu Uji CBR ?

Ads Banner

Apa Itu Uji CBR ?

Uji CBR lapangan pada umumnya digunakan untuk perencanaan lapis tambahan (overlay). Bila tidak diperlukan CBR tanpa direndam (unsoaked), maka dapat dilakukan pengujian langsung di tempat (in place). Tapi jika karena sesuatu dan lain hal tidak dapat dilakukan pengujian langsung di tempat (misalnya tanah dasar asli cukup dalam atau kendaraan truk untuk beban tidak bisa masuk ke lokasi) dapat dilakukan pengambilan contoh asli tanah dengan cetakan CBR (undisturb sample). Bila diperlukan harga Uji CBR direndam (soaked) maka harus dilakukan pengambilan contoh asli dengan cetakan Uji CBR sebanyak minimum 2 buah, yaitu untuk harga CBR direndam (soaked) dan CBR tidak direndam (unsoaked).

Pengujian ini dimaksudkan untuk CBR (california Bearing Ratio) langsung di tempat (in place) atau bila diperlukan dapat dilakukan dengan mengambil contoh asli tanah dengan cetakan CBR (undisturb). CBR lapangan adalah perbandingan antara beban penterasi suatu lapisan/bahan tanah atau perkerasan terhadap bahan standar dengan kedalaman dan kecepatan penetrasi yang sama.

Peralatan untuk Pengujian Langsung di Tempat (in Place)

Tempatkan truk tersebut sehingga dongkrak CBR mekanis tepat berada di atas lobang pemeriksaan. Gunakan dongkrak truk untuk menaikan truk, supaya tidak lagi bekerja di atas per-nya. Usahakan supaya as roda belakang sejajar dengan muka jalan yang diperiksa. 2.5.2 Pasanglah dongkrak CBR mekanis dan alat-alat lainnya supaya piston penetrasi berada 1 atau 2 cm dari permukaan yang akan diperiksa. Aturlah cincin penguji sehingga torak dalam keadaan vertikal. Kuncilah, alat-alat pada dudukan ini. Letakkan keping beban diameter 25 cm atau 10” sentris di bawah torak penetrasi sehingga torak penetrasi tepat masuk ke dalam lubang keping beban tersebut.

Cara Pengambilan Contoh Asli Tanah dengan Cetakan Uji CBR (undisturb)
  • Timbang masing-masing cetakan CBR dan ukur isinya serta beri nomor. 
  • Letakkan dongkrak mekanis di permukaan tanah yang sudah disiapkan. 
  • 1. 2.6.3 Cara lain pengambilan contoh asli tanah dengan cetakan CBR bisa dilakukan dengan membuat kerucut terpancung. 
  •  Dengan menggunakan beban truk atau portal besi yang diangker, lakukanlah penekanan sehingga cetakan terdesak masuk lapisan tanah/kerucut tanah. 
  •  Cetakan yang berisi benda uji kemudian diangkat dengan cara membongkar sekeliling luar cetakan. Ratakan kedua permukaan contoh dengan pisau perata. Tutup dengan plastik. 2.6.6 Pada masing-masing cetakan diberi tanda yang lengkap seperti : bagian atas/bawah, km dari contoh, tanggal, bulan dan tahun pengambilan contoh. Tutup dan sekrup dengan pelat baja. Sekeliling mulut cetakan dilapisi parafinh yang telah dipanaskan (+ 1 cm), sehingga tidak terjadi perubahan kadar air. 
  •  Lakukanlah pengambilan contoh yang kedua di sebekahnya dengan cara yang sama seperti diatas

Source: presentation of PDF reader

Previous
Next Post »

Diskusi Bersama kami Disini

Iklan Kami

Iklan Kami