Fungsi Pemadatan Tanah

Ads Banner

Fungsi Pemadatan Tanah





Wuooke sobat, kali ini saya ingin berbagi nih. !

Berbagi apa ??

Saya mau bebagi informasi mengenai fungsi dari pada pemadatan tanah, diartikel sebelumnya saya kan sudah sempat membahas mengenai Prinsip-prinsip Uji Proctor Tanah. Nah sekarang ini saya mau ngasih sedikit lagi mengenai hal tersebut

Langsung aja disimak !!

PEMADATAN TANAH (COMPACTION OF SOIL) 

1.  Fungsi Pemadatan: ·   Untuk meningkatkan kekuatan tanah, sehingga daya dukung tanah pondasi di atasnya  meningkat ·      Untuk mengurangi terjadinya penurunan pada tanah ·      Dapat meningkatkan kemantapan lereng timbunan (embankments). 
2.  Jenis Pemadatan Tanah:
 ·      Pemadatan laboratorium (Proctor Standart dan Proctor Modified)  dilakukan di laboratorium ·      

Pemadatan lapangan (Sand Cone)dilakukan langsung di lapangan 


  •  PEMADATAN LABORATORIUM 

Pemadatan Laboratorium adalah suatu jenis tes pemadatan tanah yang dilakukan di laboratorium. Ada 2 macam tes pemadatan tanah secara laboratorium yaitu Proctor Standart Test dan Proctor Modified Test. 
Prinsip-Prinsip Pemadatan Laboratorium 

1)       Tes Pemadatan Proctor Standart ·      


  • Cetakan Standart Proctor test berdiameter 10,16cm (4 inchi) dan tinggi 11,643 cm (4,584 inchi). Cetakan tersebut terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian bawah mempunyai pelat dasar yang dapat dipasang pada dasar cetakan, dan mempunyai silinder perpanjangan (extension) yang bisa disambung dengan bagian atas dari cetakan. 



  •  Volume dalam cetakan untuk Proctor Standart (bagian bawah cetakan) adalah 943,94 cm3, berat palu penumbuk 2,5 kg, penumbuk dapat diangkat dan dijatuhkan dari ketinggian 30,48 cm (12 inchi).



  • Sedangkan Modified Proctor mempunyai volume cetakan yang sama dengan Proctor Standart, berat palu penumbuk 4,54 kg (10 lb), tinggi jatuh penumbuk sebesar 45,72 cm (18 inchi)

  • Pada percobaan pemadatan Proctor Standart, untuk setiap kali  percobaan tanah  selalu dibagi dalam 3 lapisan dengan jumlah tumbukan 25x untuk setiap lapisan.


  • Sedangkan pada Modified Proctor, pemadatan dilakukan dalam 5 lapisan dan jumlah tumbukan per lapisan sebanyak 25x. 



  • Tes pemadatan dilakukan minimal 6x, dengan kondisi 3 benda uji di bawah kadar air optimum dan 3 benda uji di atas kadar air optimum.



  • Dari setiap percobaan yang dilakukan akan didapatkan harga berat volume kering (gd) dan kadar air (wc).


 2)    Menentukan Tingkat Pemadatan suatu Tanah ·


  • Tingkat pemadatan suatu tanah di laboratorium diukur berdasarkan dari berat volume kering tanah yang dipadatkan (gdmax), dan harga kadar air optimum (wcopt) dari tanah yang di tes.



  • Menentukan harga gmax didapatkan dari grafik antara kadar air (wc) dengan berat volume kering (gd).

Sumber: http://wendatriana.blogspot.com
Previous
Next Post »

Diskusi Bersama kami Disini

Iklan Kami

Iklan Kami