Bagaimana Cara Pembacaan Data pada Black Box

Ads Banner

Bagaimana Cara Pembacaan Data pada Black Box



Hallo sobat semua ketemu lagi nih sama saya, di blog-alatuji.blogspot.com. Meskipun cuaca engga mendukung, tapi kita harus tetep semangat ya :D

Okeh kali ini kita bakalan memebahas mengenai Black Box lagi... tapi kali ini saya cuma mau share Newsnya aja nih tentang Bagaimana Cara Pembacaan Data pada Black Box

Okedeeh ennga perlu panjang lebar, langsung aja kita nyemplung..

Kita tau kecelakan pesawat di akhir tahun 2014 lalu, sudah menemukan titik terang. Penemuan Black Box FDR, semakin memebantu proses menyelidikan peristiwa jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501. Namun semua percakapan di black box tidak dapat langsung didengarkan begitu saja sobat. Tim KNKT harus mengunduh dahulu data yang ada didalam Black Box tersebut.

Proses download bisa memakan waktu berhari-hari. Sebab, FDR itu tidak hanya membaca percakapan pada satu penerbangan. ”Ada data selama 24 jam penerbangan. So, bisa memakan waktu sampai berjam-jam hanya untuk mengunduhnya.

Sesudah download, masih ada lagi. Data yang diunduh tersebut masih berupa bilangan biner. Bentuknya angka-angka. Karena itu, tim harus mengolahnya dengan software.

Lalu, data akan disajikan dalam bentuk tabel atau grafis dengan 1.200 parameter. Parameter yang dimaksud, antara lain, tinggi terbang pesawat, kecepatan terbang, arah terbang, sikap pesawat saat terbang, dan G-force. Naah setelah semua proses selesai dilakukan, nantinya hasil dari Black Box akan tampilkan berupa suara percakapan dan gambar pesawat itu sendiri sobat.

Tapinya sobat...

Dalam proses penyelidikan kecelakan pesawat, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan oleh Tim penyelidik nih. Antara lain :

1.Tempat terjadinya kecelakaan

2. Negara pembuat pesawat

3. Negara pembuat sparepart

4. Riwayat Pilot dan Co-Pilot yang bertugas

Ada satu kekurangan dalam penyelidikan ini sobat, yaitu prosesnya. Dalam penyelidikan data di Black Box ini, dapat memakan waktu kurang lebih 1 Tahun sobat, itu juga udah yang paling sebentar

Gimana lamanya ya ?

Tapi ya sobat, ada nih cara untuk mempercepat proses pembacaan data di dalam Black Box. yaitu dengan cara menemukan CVR ( Cockpit Voice Recorder  ). Itu adalah satu-satunya cara, supaya proses penyelidikan menjadi lebih cepat sobat.



Pendapat Sobat ...


Newest
Previous
Next Post »

Diskusi Bersama kami Disini

Iklan Kami

Iklan Kami