Penjelasan Tentang Uji CBR ( California Bearing Ratio )

Ads Banner

Penjelasan Tentang Uji CBR ( California Bearing Ratio )

 Penjelasan Tentang Uji CBR

Hallo sobat Engineer... bertemu lagi nih dengan saya ...  Author dari Alat Uji.  ( Ceeee elaah Author, biar dibilang keren gitu Hahahha ). Biar sobat gampang mengingat nama saya, sobat bisa panggil saya Mas AU

Oke sebelumnya saya kan sudah pernah posting mengenai APA ITU UJI CBR ? . Nah mungkin dari sobat enginer yang khusunya masih Beginner ( Maaf nih ya ) masih ada yang bingung dan belum mendapatkan gambaran apapun mengenai UJI CBR ini.


Berikut adalah Case Study mengenai Pertanyaan-pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh Seorang Engineering Pemula


1. Sebenarnya, Uji CBR itu buat apa sih ?



Jadi sebenarnya Uji CBR itu adalah pengujian pada tanah yang dilakukan dengan cara pembebanan penetrasi tanah yang dilakukan dalam laboratorium ataupun dilapangan. Uji CBR ini berguna untuk membuat perencanaan  ketebalan lapisan perkerasan. Metode ini digunakan untuk menentukan lapisan tambahan (overlay) serta perkerasan lentur ( Flexible Pavement ) suatu jalan.


2. Uji cbr itu kaya gimana ya ada contohnya tidak ?




Oh, tentunya ada dong, supaya sobat Engineer bisa medapat gambaran yang jelas, coba sobat simak Video yang Mas AU kasih di bawah.

Sumber Videonya : Youtube.com





3. Saya liat di youtube, kenapa ya Uji CBR tuh selalu ada alat berat ataupun mobil


Ok jadi gini, Penggunaan alat berat tambahan seperti mobil,truck dan lain-lain, berguna untuk Beban Tambahan. karena test CBR ini berfokus pada aktifitas Penetrasi pada tanah, yang tentunya memerlukan beban ekstra besar, apalagi kita sebagai engineer belum begitu mengetahui secara sepesifik seperti apa kontur, serta struktur tanah yang nantinya akan kita Uji.



4. Mas AU, boleh tidak saya minta referensi gambarnya mengenai Uji CBR



Oh boleh , berikut saya berikan referensi gambar mengenai aktifitas Uji CBR


  • Nah yang pertama ini, saya berikan resferensi gambar Uji CBR jenis In-Situ, jenis Uji CBR inilah yang biasa menggunakan alat berat sebagai beban tambahan sobat. 
          Sumber gambarnya : www.geoeng.co.uk


 
  
  • Kalau yang kedua ini namanya Dynamic CBR test, pada Pengujian yang kedua ini alat yang digunakan terlihat lebih simpel dan modern sobat. Salah satu vendor yang terkemuka http: www.hmp-online.com


    
Sebagai rekomendasi saya nih, sobat dapat lihat referensi serta spesifikasi yang jelas di www.testingindonesia.com




Ok sobat Engineer, sampai disini dulu ya pembahasan kita kali ini mengenai Penjelasan Uji CBR ( California Bearing Ratio ).

Nah dipembahasan selanjutnya, Insyaallah saya akan menjelaskan tentang Apa sih Perbedaan Uji CBR In-situ dengan Uji CBR Dynamic.  Tunggu ya !

Pendapat Sobat......

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
7 Januari 2015 pukul 00.31 ×

informasinya sangat bermanfaat. Jika anda berkenan, silahkan mampir ke blog saya untuk memberikan opini :*

Reply
avatar
Unknown
admin
7 Januari 2015 pukul 00.39 ×

:-bd Yo, sama-sama

Reply
avatar

Diskusi Bersama kami Disini

Iklan Kami

Iklan Kami